Tugas 2 MSDM : Cara Perusahaan Memelihara Loyalitas Karyawan Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan atau Perusahaan
1.
Memberikan hak-hak karyawan dengan baik
Karyawan direkrut untuk bekerja. Akan
tetapi, kewajiban tersebut harus seimbang dengan hak-hak mereka. Hak-hak
tersebut antara lain:
· Gaji
· Tunjangan
kesehatan
· Pelatihan
· Fasilitas
kerja
· Kesejahteraan
keluarga
· Jaminan
sosial tenaga kerja
· Keamanan
·
Tunjangan hari raya
Hak-hak di atas tentunya harus diberikan secara profesional
agar karyawan Anda tidak pindah kerja. Jika hak-haknya sudah diberikan,
karyawan akan fokus kepada kewajibannya saja tanpa direpotkan memikirkan
hal-hal lain yang mengganggu. Dengan kata lain, mereka tenang bekerja untuk
memberikan kontribusi terbaik bagi kemajuan perusahaan. Bagaimana jika hak-hak karyawan tidak diberikan secara baik? Anda
jangan mengharapkan kinerja mereka akan baik karena mereka akan terdemotivasi
atau menuntut hak-haknya.
Bukan tidak mungkin, mereka akan mengadukan Anda dan perusahaan Anda
ke pihak berwenang.
2.
Menerapkan penilaian kinerja yang efektif
Cara
lain untuk meningkatkan loyalitas karyawan adalah menerapkan
penilaian kinerja yang efektif. Penilaian seperti ini dilakukan
secara fair dan objektif.
Fair berarti
Anda menilai berdasarkan standar yang telah disepakati, sedangkan objektif
berarti menilai berdasarkan pencapaian kinerja, bukan berdasarkan suka atau
tidak suka.
Jika kinerja mereka dinilai secara efektif, karyawan akan senang
karena jerih payah mereka dihargai dengan baik. Dengan demikian, mereka umumnya
betah bekerja di perusahaan tersebut.
3.
Menerapkan jenjang karier yang jelas
Selain
hak karyawan dan penilaian kinerja yang efektif, menerapkan jenjang karier yang
jelas dapat juga meningkatkan kesetiaan karyawan pada perusahaannya.
Jenjang
karier yang jelas ini akan meningkatkan motivasi
karyawan untuk bekerja dengan baik sehingga dia bisa meraih
puncak kariernya. Kejelasan jenjang karier umumnya berkaitan dengan:
- Waktu kerja
- Kompetensi suatu posisi
- Kinerja karyawan
- Perilaku karyawan
Sebagi contoh, seorang junior engineer bisa
dipromosikan menjadi engineer setelah tiga tahun bekerja
sepanjang kinerja, perilaku, dan kompetensinya memenuhi persyaratan
posisi engineer.
4.
Mempromosikan karyawan
Mempromosikan
karyawan merupakan cara lain dalam meningkatkan kesetiaan karyawan pada
perusahaan. Cara ini umumnya dilakukan kepada karyawan spesial yang sangat
dibutuhkan perusahaan. Dengan kata lain, perusahaan takut kehilangan karyawan
tersebut karena jika yang bersangkutan keluar akan mengganggu kinerja
perusahaan.
Promosi ini diharapkan membuat karyawan bersangkutan merasa tertantang
dengan jabatan barunya sehingga mengeluarkan kemampuan terbaiknya, tanpa
memikirkan untuk pindah ke perusahaan lain. Selain itu, promosi ini memberikan
tambahan finansial bagi karyawan bersangkutan.
5.
Membebaskan kreativitas
Membebaskan
kreativitas karyawan dalam bekerja merupakan tips lain yang dapat dilakukan
untuk meningkatkan kesetiaan karyawan. Yang dimaksud kreativitas ini adalah
hal-hal baik di luar standar kerja yang sudah ditetapkan.
Sebagai
contoh, seorang engineer mengusulkan cara alternatif yang
dapat melipatgandakan produksi tanpa peningkatan biaya. Atau, seorang
staf marketing yang mengusulkan cara unik yang berpotensi
meningkatkan penjualan sebesar 50% dalam 3 bulan.
Usulan-usulan kreatif dari karyawan hendaknya Anda maknai sebagai
kreativitas mereka, tanpa harus memangkasnya karena di luar standar kerja yang
diterapkan.Bagi si karyawan, pembebasan kreativitas ini akan memacu
mereka bekerja lebih
baik karena tidak merasa jenuh dalam rutinitas yang monoton.
6.
Memberikan pinjaman lunak
Memberikan
pinjaman lunak dapat juga dijadikan sebagai cara untuk meningkatkan loyalitas
karyawan. Mengapa? Selain dibantu dari sisi finansial, si karyawan bersangkutan
harus melunasi pinjaman tersebut seandainya ia mengundurkan diri dari
perusahaan. Pinjaman lunak ini dapat berupa:
- Pinjaman sebesar 24-36 gaji karyawan (tanpa bunga dan dicicil maksimal 10% dari gaji karyawan)
- Pinjaman uang muka pembelian mobil atau biaya pembuatan rumah
7.
Memberikan bonus
Cara
terakhir untuk meningkatkan loyalitas karyawan adalah memberikan bonus. Ini
bisa berupa bonus kinerja (performance bonus), bonus akhir tahun (year-end
bonus), atau bonus pembagian keuntungan (profit-sharing bonus).
Pemberian
bonus ini menunjukkan bahwa perusahaan Anda profesional karena memberikan hal
lain di luar hak karyawan. Oleh karena itu, diharapkan karyawan akan betah
bekerja sehingga loyal kepada perusahaan.
DAFTAR PUSTAKA:
Komentar
Posting Komentar